Usaha Sampingan Dengan Budidaya Buah Naga

Buah naga merupakan sejenis tanaman yang dekat dengan tanaman jenis kaktus, dengan bentuk buah yang menarik serta berwarna merah ini memiliki khasiat untuk kesehatan yang begitu banyak. Buah ini berasal dari Mexico yang dikembangkan dengan besar-besaran di Thailand dan Vietnam untuk keperluan medis. Tetapi saat ini Indonesia juga mulai membudidayakan buah ini karena begitu banyak permintaan dari buah naga dengan berbagai khasiat serta rasanya yang begitu segar membuat buah ini cocok dijadikan salah satu usaha sampingan yang begitu menjanjikan. Ada penelitian yang menyatakan bahwa buah naga memiliki gizi yang begitu banyak serta mampu membantu dalam metabolisme tubuh serta memiliki khasiat untuk kesehatan diantaranya adalah untuk meningkatkan kesehatan jantung, mata, mengurangi kolesterol, memperlancar sirkulasi darah dan lain sebagainya. Dengan khasiat yang begitu bagus maka tidak heran harga dari buah naga ini bisa dibilang cukup mahal sehingga banyak menjadi minat usaha bagi para petani Indonesia.

Cara Usaha Menanam Buah Naga Di Pot

Budidaya tanaman biasanya membutuhkan lahan yang cukup luas, tetapi bagi Anda yang tidak memiliki lahan luas untuk menanam buah naga maka bisa menanam buah naga di dalam pot. Namanya juga usaha sampingan jadi Anda bisa memanfaatkan segalanya yang ada di sekitar rumah, selain bisa mendapatkan uang dari budidaya buah naga di dalam pot Anda juga bisa menghiasi rumah Anda dengan tanaman ini. Berikut ini adalah cara mudah untuk menanam buah naga menggunakan pot

  1. Menyiapkan pot yang terbuat dari tanah liat yang lebih ideal untuk menanam buah naga, ukurannya minimal memiliki diameter 40 cm.
  2. Membuat tiang penyangga yang akan berguna saat buah naga tumbuh lebih besar yang akan membutuhkan penyangga ini untuk menopangnya. Tiang ini bisa dibuat dari bahan yang kuat yang memiliki diameter 8 sampai 10 cm dengan tinggi 150 sampai 200 meter. Tetapi tetap memperhatikan kekuatan dari pot yang digunakan agar tidak pecah.
  3. Menyiapkan media tanaman yaitu tanah, pasir, pupuk kandang, kompos, bubuk dari batu bata dan kapur pertanian 100 gram. Kemudian campurkan semuanya dan diatasnya tambahkan bubuk batu bata dan juga kapur pertanian.
  4. Penanaman bibit dengan memilih bibit yang berkualitas bagus dengan tanda cabang telah berwarna hijau tua. Usahakan panjang cabang yang ditanam sekitar 30 cm dengan kedalaman tanamnya 10 cm.
  5. Perawatan tanaman ini sama dengan tanaman lainnya yaitu disiram, dipupuk dan dilindungi dari serangan hama ataupun penyakit. Kemudian buah naga juga perlu untuk dipangkas cabangnya agar lebih cepat pertumbuhannya.

Related posts:

by