Tips Menyimpan Makanan di Lemari Es Agar Tetap Sehat

tips kesehatanSudah menjadi satu kebutuhan para ibu rumah tangga di mana lemari es mutlak di butuhkan. Bukan hanya untuk membantu menyimpan bahan makanan yang di miliki agar mampu bertahan lama, namun juga agar supaya saat berbelanja mereka bisa membeli beberapa bahan makanan secara langsung sehingga mereka tidak perlu berulang kali pergi ke warung atau pasar untuk berbelanja sayuran. Bukan hanya jenis sayuran saja yang bisa di simpan di kulkas atau lemari es, namun berbagai jenis buah-buahan, telur, minuman dan berbagai jenis makanan bisa bertahan lama meski tidak di panaskan.

Beberapa Tips Menyimpan Bahan Makanan di Lemari Es Agar Tetap Sehat

Namun sayangnya tidak semua orang tahu bagaimana cara menyimpan bahan makanan dengan baik dan benar dengan menggunakan lemari es. Umumnya mereka hanya tahu bahwa makanan yang ingin di simpan di lemari es bisa langsung di masukkan ke dalam lemari es meski masih beralaskan piring keramik. Tentunya ini biasa di lakukan oleh para ibu yang enggan memanaskan makanan di malam hari.

Berikut adalah beberapa cara mudah untuk menyimpan bahan makanan di lemari es agar supaya tetap sehat tak berkurang kandungan gizi yang ada di dalamnya.

  • Ketahui jenis sayuran atau bahan makanan

Sebelum Anda melakukan penyimpanan di lemari es maka sebaiknya Anda mengetahui jenis sayuran atau bahan makanan apa yang akan di simpan. Karena Anda harus menyimpan bahan makanan tersebut di tempat yang memang sudah di sediakan di dalam lemari es khusus untuk beberapa bahan makanan tersebut.

  • Mengatur suhu lemari es

Cara yang kedua adalah dengan mengatur suhu lemari es agar supaya bahan makanan yang di simpan di dalamnya bisa lebih awet dan tahan lama. Suhu yang tepat untuk menyimpan bahan makanan adalah sekitar 4 derajat celcius. Dalam suhu ini Anda akan mendapatkan keuntungan dari matinya bakteri yang ada dalam lemari es yang bisa membuat makanan cepat membusuk.

  • Tutup makanan

Yang kita tahu dalam lemari es yang ada adalah udara kering. Sementara udara kering akan membuat bahan makanan Anda menjadi berkeringat dan lembab sehingga mudah rusak. Maka dari itu usahakan untuk menutup wadah bahan makanan yang Anda simpan di lemari es baik itu dengan menggunakan penutup biasa maupun penutup plastik wrap khusus.

Related posts: