Tips Menjaga Kesehatan Kucing

tips kesehatanKucing dikenal sebagai salah satu hewan peliharaan manusia yang sangat dekat dengan manusia atau bahkan menjadi sahabat dari manusia. Karena kesetiaan dan juga jinak serta lucu, hewan yang satu ini menjadi salah satu primadona yang menjadi hewan peliharaan di rumah. Bisa diajak bermain ketika sedang penat atau menjadi penghibur dikala sedih dengan segala tingkah lucunya. Kucing yang sehat tentu akan semakin membuat pemiliknya semakin betah bermain-main dengan kucing kesayangannya, bahkan bisa sampai lupa waktu. Kucing yang sehat ini tentu tidak akan menimbulkan kekhawatiran akan sakit yang bisa di derita oleh kucing menular pada diri si pemilik sendiri. Untuk menjaga kesehatan dari kucing-kucing sebenarnya cukup mudah bila dilakukan dengan cara memberikan perawatan yang dilakukan dalam jangka waktu tertentu dengan teratur.

Tips merawat kesehatan kucing yang pertama adalah pastikan jika makanan kucing ini merupakan makanan kucing yang sehat yang mengandung nutrisi yang diperlukan oleh kucing supaya kesehatannya terjaga. Selain itu pastikan jika makan kucing tersebut terpenuhi, agar nantinya kucing tersebut tidak mencari makan di tempat lain yang tidak jelas makanan apa yang dimakan yang berpotensi besar mengganggu kesehatan kucing tersebut. Kemudian lakukan pengecekan kesehatan secara berkala di dokter hewan untuk memastikan kesehatan kucing tersebut baik-baik saja, dan apabila kucing tersebut sedang sakit, langsung dilakukan perawatan pengobatan untuk mengobati sakit kucing tersebut.

Kemudian jaga kebersihan bulu kucing dengan cara memandikannya secara berkala beberapa hari sekali untuk menghindari bulu kucing tersebut menjadi sarang tempat tinggal dari kutu yang selain mengganggu kesehatan si kucing, kutu tersebut juga bisa berpindah ke manusia yang akan menyebabkan gatal-gatal. Kemudian untuk memandikan kucing tersebut, pakailah sampo yang khusus untuk hewan, jangan menggunakan sampo yang dipakai oleh manusia atau bahkan sabun manusia, karena karakteristik dari sampo hewan itu berbeda untuk manusia. Kemudian berikanlah vitamin untuk menambah nutrisi yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan kucing, karena kucing yang sehat itu kucing yang aktif dan lincah dalam kesehariannya.

Related posts: