Tips Agar Asma Tidak Sering Kambuh

tips kesehatanAsma merupakan penyakit gangguan pernafasan dimana hal ini terjadi Karena saluran udara menyempit dalam tenggorokan sehingga mengakibatkan pembengkakan dan menghasilkan lendir tambahan. Jika Anda menderita asma maka akan mengalami kesulitan bernafas, penyakit ini tidak dapat dianggap remeh Karena jika serangan asma kambuh maka dapat mengancam jiwa penderitanya. Meski asma tidak dapat disembuhkan bukan berarti tidak ada cara untuk mencegah kambuhnya asma. Mari simak ulasan berikut ini mengenai tips agar asma tidak sering kambuh.

Tips Agar Asma Tidak Sering Kambuh

Beberapa hal yang perlu Anda lakukan jika menderita asma agar tidak terlalu sering kambuh adalah sebagai berikut. Pertama menjaga kebersihan tempat tidur, cucilah perlengkapan tidur mulai dari sprei, sarung bantal dan guling setidaknya seminggu sekali. Hal ini perlu dilakukan karena perlengkapan ini dapat menjadi sarang tungau penyebab asma, jadi sebaiknya cucilah secara rutin. Kedua bagi Anda yang memiliki hewan peliharaan, jangan biarkan hewan peliharaan Anda berada ditempat tidur maupun furniture lainnya. Bulu-bulu hewan seperti kucing dan anjing dapa menjadi pemicu asma jika terhirup. Ketiga jika Anda memiliki seorang anak penderita asma maka sebaiknya bersihkan karpet dan mainan anak-anak yang mudah terserang debu seperti boneka. Anda cukup membersihkan kedua benda ini dengan vacuum cleaner minimal 2 minggu sekali. Tips keempat agar asma tidak sering kambuh adalah menjaga sirkulasi udara. Hal ini dilakukan untuk mengurangi pertumbuhan jamur, dengan adanya sirkulasi udara maka rumah akan tetap bersih dan kering. Kelima hindari asap rokok, bagi penderita asma lebih baik tidak merokok dan menghindari asap rokok dari orang sekitar. Keenam hindari udara yang terlalu dingin, jadi jika Anda berada pada lingkungan yang dingin usahakan persiapkan diri dan jaga tubuh Anda tetap hangat. Ketujuh hindari sumber pemicu alergi, sebagian besar penderita asma memiliki alergi maka dari itu Anda perlu mengetahui apa saja yang perlu Anda hindari.

Demikian ulasan singkat mengenai tips agar asma tidak sering kambuh, semoga tips-tips pada ulasan diatas dapat memberikan manfaat bagi Anda yang masih awam akan penyakit asma.

Related posts: