Syarat Tata Cara Jual Beli Tanah Kavling

prosedur membeli tanahApakah Anda menginginkan untuk memulai berinvestasi pada tanah kavling? Well, jika memang Anda ingin menginvestasikan uang Anda pada tanah, Anda harus tahu hal-hal yang harus Anda lakukan sebelum membeli tanah kavling. Ada tata cara jual beli tanah kavling yang harus Anda ketahui sebelum membeli tanah tersebut. Ada juga beberapa syarat yang harus dipenuh sebelum terlanjur membeli tanah tersebut. Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, maka Anda harus memastikan bahwa tanah tersebut memang tidak memiliki masalah apa pun.

5 Syarat Tata Cara Jual Beli Tanah Kavling

Syarat-syarat yang harus Anda ketahui dalam tata cara jual beli tanah kavling sehingga Anda terhindar dari masalah tanah yang rumit. Pertama, Anda harus memastikan legalitas tanah tersebut. Apakah sertifikat tanah tersebut memang sertifikat tanah yang telah dikeluarkan oleh Kantor BPN atau Badan Pertanahan Nasional atau tidak? Jika memang Anda ingin membuktikan kelegalitasannya, Anda bisa mengecek sertifikat tersebut di kantor BPN setempat. Kedua, jika Anda membeli tanah kavling tersebut untuk dialih fungsikan, maka Anda harus mengantongi ijin ahli fungsi, seperti contohnya ketika Anda ingin mengalihfungsikan sawah menjadi pekarangan. Ketiga, biasanya orang yang membeli tanah kavling itu developer perumahan. Jika Anda ingin membeli tanah kavling tersebut dan berencana untuk membangun perumahan, maka Anda juga harus mengantongi ijin site plan.

Keempat, yaitu mengenai pematangan lahan. Dalam hal ini, Anda sebagai developer perumahan, pastinya tidak ingin memiliki tanah yang tidak rata dan lain sebagainya, oleh sebab itu, Anda harus mematangkan lahan terlebih dahulu sebelum memulai proyek membangun perumahan. Anda harus menggarapnya kembali hingga tanah menjadi rata dengan ditambahkan tanah secukupnya agar menjadi lebih rata. Jangan lupa untuk menambahkan fasilitas lain seperti gerbang proyek, kantor pemasaran, fasilitas jalan, dan juga jalur drainase. Kelima, yaitu pemecahan sertifikat. Anda harus memecahkan sertifikat tanah tersebut menjadi sertifikat per kavling di Kantor BPN dengan membawa kelengkapan surat lainnya. Itulah syarat yang harus Anda ketahui dalam tata cara jual beli tanah kavling untuk dijadikan perumahan.

Related posts: