Strategi Sukses Digital Marketing Untuk UKM

Konsultan Digital MarketingBanyak perusahaan kini menggunakan kegiatan digital marketing dalam mengembangkan dan memasarkan produknya. Seperti yang dilihat kini ada banyak jenis promosi yang sudah beragam yang merupakan bentuk dari kegiatan digital marketing tersebut. Seharusnya kegiatan ini bukan hanya ada pada perusahaan besar namun digital marketing untuk UKM juga diperlukan.

Tips-Tips Digital Marketing Untuk UKM

Penerapan digital marketing untuk UKM dapat membantu dalam mengembangkan dan memasarkan jenis produk barang dan jasa. Kegiatan ini menjadi sebuah sarana yang membantu agar produk-produk UKM tidak kalah saing degan perusahaan-perusahaan besar lainnya. Berikut ini tips-tips sederhananya:

  • Akkif dalam media social

Sebuah UKM yang sedang mengembangkan produk barang dan jasanya kiranya perlu menggunakan strategi dalam media online, seperti Twitter, Facebook, Youtube, Instagram atau media lainnya. Pengelola UKM baiknya memiliki dan aktif mempromosikan produk dalam media online yang kini berpeluang besar dalam menarik massa pasar.

  • Gunakan situs Search engine

Maksudnya adalah kita manfaatkan beberapa search engine/ mesin pencari seperti Google, Bing atau semacamnya. Karena diluar sana banyak sekali orang-orang yang membutuhkan informasi dengan sarana tersebut. Lakukanlah optimasi website bisnis dengan berpedoman teknik-teknik SEO, agar situs Anda menjadi dikunjungi orang dan terjadilah transaksi. Kemudian gunakan kata kunci untuk menghubungkan ke situs Anda.

  • Membangun relasi

Dengan menjadi bagian sebuah media social seperti facebook, Twitter, BBM atau Instagram maka akan terbangun relasi yang baik. Anda akan menemukan banyak kenalan dan orang-orang yang belum pernah Anda kenal dan temui sebelumnya. Namun Anda bisa membangun komunitas dengan siapa pun yang akan berafiliasi dengan Anda melalui media itu. Adanya system follower misalnya, akan terbentuk sebuah jaringan yang tujuan kedepannya adalah mereka menjadi mangsa pasar kita sendiri.

Demikianlah beberapa tips-tips sederhana dalam menggunakan digital marketing untuk UKM. Intinya manfaatkan perkembangan teknologi di zaman yang modern ini. Agar bisnis Anda dapat berkembang secara maksimal dan berdaya saing.

Related posts: