Sejarah Info MotoGP

Info MotoGPSalah satu ajang balapan kejuaraan dunia yang banyak digemari adalah ajang balapan MotoGP. MotoGP merupakan kejuaraan Grand Prix balap motor tingkat dunia yang saat ini terbagi ke dalam tiga kelas mesin berbeda, diantaranya Moto3, Moto2 dan MotoGP. Info MotoGP sejarah dimulainya kejuaraan balapan tingkat dunia diselenggarakan pertama kali pada tahun 1949 oleh Fédération Internationale de Motocyclisme (FIM). Kelas yang ada pada saat itu adalah 500cc, 125cc, 250cc, 350cc, dan 500cc untuk motor single seater. 350cc dan 500cc untuk motor sidecars. Memasuki tahun 1950an motor mesin 4 tak mendominasi seluruh kelas dan pada akhir 1960an motor mesin 2 tak mulai menguasai kelas-kelas kecil. Hingga pada tahun 1970an motor mesin 2 tak menyingkirkan dominasi motor mesin 4 tak.

Info MotoGP Perubahan-Perubahan Yang Terjadi

Tahun 2002 merupakan tahun transisi dimana periode terakhir mesin 2 tak diperlombakan dan pada akhirnya pada tahun 2006 untuk pertama kalinya pabrikan diizinkan untuk memperbesar kapasitas total mesin. Sebagai info MotoGP, pabrikan juga diberi kebebasan untuk memilih jumlah silinder yang digunakan antara tiga sampai memang dengan batas berat tertentu. Dengan diperbolehkannya motor mesin 4 tak, maka kelas GP 500 berubah menjadi MotoGP. Hingga pada tahun 2003 dalam ajang balap premier tidak ada lagi motor yang menggunakan mesin 2 tak kecuali untuk kelas 125cc dan 250cc. dan perubahan terakhir pada periode 2007, perubahan mengenai perihal kubikasi maksimal diturunkan menjadi maksimum 800cc yang berlangsung selama lima musim. Kemudian di tahun 2012 hingga sekarang, batas kubikasi mesin yang diperkenankan kembali dinaikkan menjadi 1.000cc.

Info MotoGP ajang kejuaraan balap tingkat dunia diselenggarakan sebanyak 17 seri di 15 negara. Race biasa digelar setiap akhir pekan dengan beberapa tahan. Dimana hari Jum’at dilakukan latihan bebas sekaligus latihan resmi pertama, dilanjutkan hari Sabtu dilaksanakan latihan resmi kedua dan QTT (Qualifying Time Trial) dimana para pembalap berusaha membuat catatan waktu terbaik guna menentukan posisi start. Dan balapan sesungguhnya dilakukan pada hari minggu.

Related posts: