Resep Memasak Seblak Enak Ala Rumahan!

resep masakanSiapa yang tak kenal dengan seblak? Seblak merupakan salah satu makanan khas sunda dengan rasa asin, gurih dan pedas. Seblak sebagai makan khas sunda ini merupakan salah satu makanan yang banyak diminati oleh semua kalangan, baik dari anak-anak hingga dewasa menyukai makanan ini. Seblak memiliki rasa yang cukup enak, serta segar karena merupakan makanan yang berkuah. Cocok sekali dimakan untuk menghangatkan dan membangkitkan mood Anda sekalian. Disini akan berbagai resep masakan seblak bagi Anda sekalian, sehingga tak perlu repot-repot keluar rumah, karena mudah dibuat di dalam rumah.

Bagaimana Resep Masakan Seblak Rumahan Yang Enak?

Bagi para penikmat makanan tentu selalu penasaran bagaimana makanan yang mereka makan dimasak bukan? Salah satunya seblak, para pencinta pedas gurih berkuah pasti tak sabar untuk tahu bagaimana resep masakan khas sunda ini. Berikut adalah resepnya

Bahan:

Kerupuk, Makroni, Telur, Potongan Ayam (Atau sesuai selera, dapat diganti dengan sosis, bakso, basreng, mie, dan yang lainnya), Air, gula pasir, garam, cabai merah, cabai rawit, bawang merah bawang putih, kencur dan minyak goreng.

Cara Memasak:

  1. Buatlah bumbu seblak dengan menghaluskan bawang merah 4 siung, bawang putih 3 siung, cabai rawit 7, cabai merah 13, kencur 2 potong (kurang lebih 2cm 2 buah), garam 1 sendok teh.
  2. Rendam makroni 50 gram dan 50 gram kerupuk terlebih dahulu kurang lebih 5 menit sampai bumbu matang.
  3. Panaskan minyak dalam penggorengan sebanyak 2 sendok makan lalu masukkan bumbu halus pada penggorengan ditumis hingga harum.
  4. Ceplok 2 telur dan orak arik setelah bumbu harum sampai setengah matang. Lalu tambahkan air sebanyak 500 ml aduk-aduk hingga mendidih.
  5. Masukkan makroni dan kerupuk ke dalam adonan kuah sampai setengah mengembang lalu masukkan ayam potong-potong kecil yang sudah direbus sebelumnya sampai makroni dan kerupuk sudah mengembang.
  6. Beri gula pasir kurang lebih 1 sendok makan atau sesuai selera untuk menjadikan rasa gurih dari perpaduan garam.
  7. Seblak sudah siap dihidangkan. (untuk 3 porsi)

Begitulah resep masakan seblak. Untuk tingkat kepedasan dapat diatur dengan penambahan cabai pada bumbu. Khususnya cabai rawit, karena cabai merah hanya berfungsi sebagai pemberi warna merah. Selamat Mencoba!

Related posts: