Resep Masakan Indonesia Soto Asli Sokaraja

resep masakan indonesiaTidak hanya Madura dan Lamongan saja yang memiliki resep masakan Indonesia terkenal. Siapa sangka, ternyata di Banyumas saja mempunyai resep makanan yang tidak kalah menariknya untuk dicoba. Bagi yang asli Banyumas, khususnya Sokaraja pasti sudah kenal dengan soto Sokaraja, bukan? Perpaduan antara soto dengan sambal kacangnya tentu sangatlah menggairahkan lidah, terutama jika sedang memasuki musim hujan. Tidak hanya itu, di bulan Ramadhan pun akan tetap cocok jika mengonsumsi soto Sokaraja ini. Apabila Anda tertarik menghidangkannya untuk menu berbuka puasa, maka langsung simak saja resep selengkapnya di bawah ini.

Mudahnya Resep Masakan Indonesia Soto Sokaraja

Untuk yang pertama, sebelum memasuki tahap pembuatan resep masakan Indonesia soto Sokaraja, Anda harus mengetahui dahulu apa saja bahan yang wajib dipersiapkan. Bahan pertama, Anda harus siapkan daging kurang lebihnya 500 gr. Bahan kedua, air sebanyak 2 liter. Bahan ketiga, 2 batang sereh yang sudah dimemarkan. Kemudian jangan lupa juga untuk siapkan lengkuas 2 cm. Bahan selanjutnya, kecap manis, kemudian kaldu rasa sapi serta garam dan gula secukupnya. Selain butuh bahan-bahan tersebut, Anda pun akan membutuhkan beberapa jenis bumbu halus. Untuk bumbu halusnya itu seperti bawang merah 15 butir, bawah putih 7 siung, kemiri sebanyak 5 butir yang telah disangrai, jahe 3 cm, kemudian kunyit yang dibakar dan juga merica bubuk sebanyak ½ sdt.

Sebagai bahan pelengkap, Anda perlu soun, taoge, seledri, bawang goreng, dan kerupuk. Untuk cara membuatnya, Anda rebus dahulu dagingnya hingga matang, saring air rebusannya dan ditambahkan lagi dengan air biasa dan masukan kaldu sapinya. Setelah itu panaskan minyak untuk menumis bumbu-bumbu halus, dan jika sudah selesai ditumis maka tuangkanlah ke air rebusan daging tadi. Jangan lupa untuk memasukkan kecam manis, garam serta gula secukupnya. Biarkan airnya mendidih sampai bumbunya meresap ke dalam dading. Kemudian bagi yang suka pedas, buatlah sambal kacang. Untuk membuat sambal kacang, Anda hanya perlu menghaluskan cabe, bawang merah dan bawang putih. Setelah dihaluskan, Anda harus menumisnya dan barulah ditambahkan dengan garam serta gula pasir ataupun gula merah. Demikianlah resep masakan Indonesia soto Sokaraja yang mudah untuk Anda praktekkan di rumah.

Related posts: