Prosedur Operasi Mata Katarak

pengobatan katarakOperasi mata katarak adalah salah satu cara bagi para penderita katarak untuk menyembuhkan atau menghilangkan selaput yang ada pada lensa mata. Dalam operasi tentu dokter memiliki beberapa prosedur yang harus diikuti sehingga Anda dapat mengetahui teknis atau langkah yang mungkin Anda alami ketika Anda melakukan operasi katarak pada mata Anda. Biasanya dokter akan memutuskan teknik operasi apa yang bisa digunakan dan jenis lensa apa yang bisa ditanam untuk menggantikan lensa selaput yang telah terkena selaput katarak. Tentu saja biasanya akan diuji tes terlebih dahulu untuk menentukan prosedur yang baik agar cocok pada hasil mata Anda. Anda biasanya disarankan untuk menggunakan tetes mata sehari sebelum melakukan operasi dan tidak dianjurkan untuk menggunakan obat-obatan.

Ciri-Ciri Penderita Yang Akan Menjalani Operasi Mata Katarak

Penderita yang akan menjalani operasi mata katarak biasanya memiliki tanda-tanda tersendiri yang bisa diketahui apakah penderita tersebut mengalami katarak atau tidak. Tanda pertama biasanya penderita akan mengalami kerabunan atau buram pada penglihatannya seakan-akan berkabut. Penderita juga akan sensitif terhadap cahaya dan terkadang melihat lingkaran ketika melihat sebuah lampu. Ketika melihat warna benda penderita akan mengalami penglihatan yang kekuningan atau kecokelatan dan semakin lama penderita akan sulit membedakan warna ungu dan biru. Pada mata terdapat selaput-selaput bening yang mengganggu pada lensa mata sehingga membuat penglihatan penderita menjadi ganda atau berbayang ketika melihat dengan satu mata.

Hingga sekarang belum diketahui asal mula katarak terbentuk, banyak pendapat bahwa penuaan adalah faktor utama katarak. Oleh sebab itu katarak juga bisa disebut sebagai penyakit mata tua karena katarak biasa menyerang orang yang mulai lanjut usia. Biasanya penderita katarak tingkat rendah atau minor belum perlu memerlukan proses operasi mata katarak karena masih dapat beraktivitas seperti biasa dan penglihatannya belum terlalu terganggu. Namun seiring waktu apabila tidak diobati selaput pada lensa mata akan semakin tebal dan semakin mengganggu penderita bahkan dapat mengalami kebutaan akibat katarak.

Related posts: