Peralatan Tambahan Untuk Aquarium Air Laut

aquarium air lautDalam pembuatan sebuah aquarium, terutama aquarium air laut, tentunya Anda akan memerlukan banyak sekali bahan tambahan yang sangat berguna bagi ikan yang ada di aquarium tersebut. Selain dengan media aquarium yang menjadi media utama tempat tinggal ikan, tentunya Anda akan membutuhkan peralatan lainnya yang bisa menjaga keseimbangan hidup biota yang ada di dalamnya. Ingin tahu lebih banyak peralatan yang diperlukan untuk aquarium Anda? Simak penjelasan berikut ini!

Peralatan Tambahan Aquarium Air Laut

Jika Anda memutuskan untuk membuat sebuah aquarium air laut, tentunya juga Anda harus mempertimbangkan banyak peralatan yang harus ada di dalamnya. Peralatan tersebut antara lain adalah chiller, calcium reactor, coil denitrator, sump atau filter dan juga lampu. Yang paling pertama yang harus Anda siapkan adalah lampu. Tentunya, ikan yang ada di dalam aquarium Anda sangat membutuhkan sinar untuk kebutuhan kehidupan biota tersebut. Guna lampu di sini tentunya untuk menyinari dan untuk dijadikan sebagai matahari di dalam aquarium Anda. Untuk itu, keberadaan lampu akan sangat berguna bagi aquarium Anda dan juga biota yang ada di dalamnya. Bukan hanya itu, Anda juga membutuhkan adanya chiller atau pendingin suhu. Seperti yang kita ketahui, ikan laut dan beberapa biota lainnya hanya bisa hidup di suhu yang dingin. Untuk itu, chiller sangat dibutuhkan untuk menjaga suhu aquarium Anda agar tetap dingin.

Selain adanya lampu dan chiller, penggunaan coil denitrator juga menjadi sesuatu yang penting bagi aquarium Anda. Coil denitrator ini berfungsi untuk menyeimbangkan kadar nitrat yang ada dalam aquarium Anda. Anda perlu tahu bahwa ikan dan juga biota laut lainnya sangat sensitif dengan keberadaan kandungan nitrat. Untuk itu, coil denitrator bisa berguna untuk menyeimbangkan nitrat yang ada. Penggunaan filter dan juga calcium reactor pun menjadi sesuatu yang sangat berguna bagi aquarium. Filter atau sump berguna untuk menjaga kondisi air agar tetap bersih. Sementara calcium reactor berguna untuk menjaga kadar kalsium yang ada di dalam air, mengingat biota laut sangat membutuhkan kalsium. Untuk itu, peralatan tersebut sangat berguna untuk aquarium air laut.

Related posts: