Pengertian Istilah Kata Erosi Dan Dampak Erosi

Istilah kata erosi mungkin sudah umum didengar oleh masyarakat, namun sebenarnya apa sih makna dari kalimat erosi tersebut? Pengertian erosi mungkin tidak asing bagi para kaum intelek yang menekuni bidang lingkungan, tanah dan keadaan alam akan tetapi tetap saja asing bagi masyarakat awam. Masyarakat awam biasanya akan kurang memahami definisi dari istilah kata erosi tersebut dan bahkan kerap kali dihubung-hubungkan dengan proses pelapukan. Erosi dan pelapukan merupakan dua istilah yang berbeda dan tidak seharusnya disamakan maknanya. Pelapukan merupakan istilah pada peristiwa penghancuran batu baik melalui proses kimiawi, fisika atau pun kedua proses tersebut. Sedangkan erosi pun karena adanya kerusakan padatan yang disebabkan oleh beberapa faktor alam akan tetapi yang semakin membuat erosi semakin parah adalah akibat ulah manusia yang menyebabkan erosi semakin parah.

Apa Saja Dampak Dari Terjadinya Proses Erosi?

Erosi biasanya dikait-kaitkan dengan proses pelapukan. Dengan melihat beberapa pengertian di atas tentunya akan memudahkan Anda dalam memahami proses erosi. Berikut beberapa faktor penyebab yang dapat menyebabkan proses erosi antara lain adalah penebangan hutan secara liar tanpa diikuti dengan proses penanaman kembali, konstruksi bangunan yang tidak tertata, alih fungsi hutan menjadi beberapa bentuk aktivitas. Selain itu, penyebab lainnya yang dapat menyebabkan proses erosi adalah tumbuhan, alih fungsi lahan, iklim, jenis dan sifat dari tanah suatu wilayah dan lain sebagainya. Dampak dari proses erosi yang dapat dirasakan oleh masyarakat antara lain adalah lapisan tanah di suatu wilayah akan semakin menipis, dapat menyebabkan banjir karena air yang turun tidak dapat diserap secara baik di dalam tanah sehingga tidak dapat menampung volume air.

Pengertian, penyebab hingga dampak dari erosi di atas dapat menambah Anda mengenai istilah erosi yang mungkin belum Anda pahami sebelumnya. Dengan membaca ulasan di atas maka Anda akan semakin banyak tahu mengenai proses erosi yang dapat terjadi di dalam lingkungan Anda dan memahami akibat yang akan dirasakan oleh manusia.

Related posts:

by