Peluang Usaha Budidaya Ikan Guppy

peluang usahaPoecilia reticulate atau yang lebih dikenal sebagai ikan guppy merupakan ikan yang memiliki penampilan yang sangat cantik. Maka tak heran jika ikan ini memiliki peminat yang cukup banyak di pasaran. Tingginya minat terhadap ikan guppy ini membuat peluang usaha untuk membudidayakan ikan ini pun makin terbuka lebar, pasalnya ikan yang memiliki bentuk ekor dan warna yang sangat atraktif ini juga cukup mudah untuk dikembangbiakkan. Selain itu, ketahanan ikan ini pada berbagai macam kondisi air juga menambah daya tarik tersendiri bagi para penghobi ikan hias. Membudidayakan ikan guppy juga ternyata tidak membutuhkan sarana yang terlalu rumit, seperti halnya membudidayakan ikan cupang. Namun, ada beberapa hal yang perlu diketahui sebelum kita memulai usaha budidaya ikan guppy ini.

Bagaimana Cara Memulai Peluang Usaha Budidaya Ikan Guppy

Sama halnya dengan membiakkan ikan lainnya, hal yang perlu kita ketahui sebelum memulai peluang usaha untuk membudidayakan ikan guppy ini adalah pemilihan indukan. Kita mesti mengetahui mana indukan jantan dan betina. Untungnya, ikan guppy ini cukup mudah dikenali jenis kelaminnya melalui tampilan fisik. Ikan jantan memiliki bentuk, warna, dan corak tubuh yang indah. Sirip ekor yang menjuntai dan warna-warni menjadi ciri khas ikan guppy jantan. Sebeliknya, ikan guppy betina bentuk dan warna tubuhnya cenderung tidak menarik. Warnanya kusam dan bentuk badannya lebih membulat. Indukan yang siap dipijah paling tidak sudah berusia 4 bulan. Corak, bentuk, dan warna tubuh ikan guppy sangat ditentukan oleh factor genetik, maka dari itu pastikan kita memilih indukan dari bibit yang unggul.

Peluang usaha budidaya ikan guppy ini terbilang sederhana karena tidak membutuhkan tempat yang terlalu luas. Kita hanya butuh tempat pembiakkan berupa kolam, bak, akuarium, atau bahkan ember plastik. Selain itu kita juga memerlukan aerator sebagai pemasok oksigen dan juga tanaman air untuk tempat berlindung ikan. Setidaknya kita memiliki 5 wadah berbeda untuk membiakkan ikan guppy, yaitu dua wadah untuk pemisahan indkan, satu wadah pemijahan, satu wadah penetasan, dan satu wadah pendederan anakan ikan guppy.

Related posts: