Menjaga Kesehatan Mata

tips kesehatanSemua organ yang ada di dalam tubuh kita mempunyai fungsinya masing-masing dan saling melengkapi. Karena bila satu organ tidak dapat menjalankan fungsinya dengan baik maka organ tubuh lainnya juga akan merasakan hal yang sama. salah satu organ yang penting yang ada di dalam tubuh manusia yaitu mata. Mata mempunyai fungsi yang sangat penting yaitu membantu kita untuk melihat sesuatu. Mengingat pentingnya mata kita wajib menjaganya dengan benar agar kita tidak kehilangan fungsi mata kita seutuhnya.

Cara Menjaga Mata Dengan Benar

Terkadang sering kali kita melakukan berbagai macam hal yang dapat merusak mata tanpa kita sadari. Untuk mengantisipasi hal tersebut ada beberapa tips mudah agar kesehatan mata kita tetap terjaga. Hal pertama yang harus Anda perhatikan yaitu jarak ideal membaca antara buku dengan mata Anda. dengan menjaga jarak Anda di jarak ideal yaitu 30 cm maka akan membantu Anda mengurangi resiko terjadinya rabun dekat atau miopi. Pastikan juga untuk membaca di tempat yang terang jangan di tempat dengan cahaya yang redup karena tempat dengan cahaya yang minim akan membuat mata rusak. Bila Anda sudah terlalu lama membaca atau berkutat dengan laptop pastikan untuk mengistirahatkan mata Anda karena bila mata Anda tidak di istirahatkan dan terlalu di paksakan maka sangat berpengaruh terhadap kesehatan mata Anda. selain itu semua yang terpenting jangan pernah mengucek mata Anda terlebih lagi dalam keadaan tangan Anda kotor. Tangan yang kotor biasanya menjadi sarang kuman dan bila kuman tadi terkena organ vital seperti mata, maka akan di khawatirkan akan berpengaruh buruk terhadap mata.

Selain melakukan beberapa hal tadi Anda juga memperhatikan asupan makanan Anda. Pilihlah makanan yang mengandung vitamin A dan C, antioksidan, sayuran hijau dan ikan. Ikan sangat baik di konsumsi karena mengandung omega 3 dan mokula yang sangat baik untuk menjaga kesehatan mata. Hindari juga minum-minuman beralkohol karena dapat menimbulkan kebutaan karena efeknya yang langsung pada saraf optik terlebih lagi jika konsumsi alkohol di lakukan terlalu sering dalam jangka waktu yang singkat.

Related posts: