Menjaga Kesehatan Mata

Mata merupakan salah satu bagian tubuh yang sangat memiliki peranan penting, seperti sebagai indra penglihatan. Selain itu juga mata mempunyai estetika yang mempunyai daya tarik tersendiri. Tak sedikit para kaum hawa menghiasi mata yang mereka miliki dengan lensa kontak atau yang sering disebut softlens. Terkadang mereka berpikiran bahwa dengan menggunakan softlens yang mempunyai wara yang beragam dapat mempercantik diri dibandingkan dengan kornea dan warna mata yang asli. Tanpa mereka pahami padahal mata merupakan organ tubuh yang bisa dibilang cukup sensitif.

Bagaimana Menjaga Kesehatan Mata?

Mata sebagai indra penglihatan guna dapat menikmati indahnya penampakan yang ada perlu dijaga dengan baik. Karena pada dasarnya mata merupakan organ manusia yang vital. Sehingga bila terjadi hal yang serius maka dapat terjadi kebutaan. Berikut adalah beberapa langkah untuk menjaga kesehatan mata.

  1. Mengonsumsi Buah dan Sayur

Buah dan Sayur merupakan salah satu benda yang mampu memenuhi kebutuhan nutrisi, salah satunya nutrisi vitamin A untuk kesehatan mata. Sebagai contoh adalah wortel. Anda dapat mengonsumsi wortel baik sebagai jus segar maupun olahan masakan, dengan syarat bila dalam masakan wortel tidak kematangan.

  1. Hindari Menggunakan Softlens lebih dari 12 jam

Penggunaan softlens sebenarnya boleh apalagi bila memang sebagai tuntutan untuk mempercantik diri. Namun tetap dalam batasan-batasan yang wajar. Penggunaan yang aman adalah di bawah 12 jam. Bila terlalu lama maka akan mengganggu syaraf kemudian kadar oksigen akan berkurang. Untuk penyimpanan softlens sendiri juga perlu diperhatikan. Seperti harus mengganti air rendaman maksimal seminggu sekali.

  1. Hindari Penggunaan Alat Elektronik dengan posisi tidak tepat

Penggunaan alat elektronik basanya suka dihiraukan seperti penggunaan laptop, Hp dan lain sebagainya. Selain ini menimbulkan radiasi yang berbahaya juga akan mengganggu syaraf penglihatan mata. Hal ini akan memicu terjadinya kerusakan penglihatan seperti rabun maupun silindris.

3 hal tersebut merupakan bagian kecil dari perawatan mata demi kesehatan mata. Setidaknya Anda harus mengurangi sedikit demi sedikit hal-hal yang dapat memicu terjadinya masalah pada mata dengan langkah diatas.

Related posts:

by