Menjaga Kesehatan Gigi Dan Mulut

tips kesehatanMemiliki gigi yang bersih serta nafas yang segar tentulah akan meningkatkan kepercayaan diri kita saat berbicara dengan seorang. Anda akan mengalami beberapa masalah jika Anda tidak menjaga kebersihan gigi dan mulut Anda. Masalah yang paling umum ditimbulkan karena kurangnya kesadaran dalam menjaga kesehatan mulut dan gigi adalah bau mulut, gigi berlubang, sakit gigi, sariawan, serta beberapa penyakit seperti penyakit jantung. Ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut Anda. Cara yang paling umum dilakukan adalah dengan menyikat gigi minimal dua kali dalam sehari. Sikat gigi dapat dilakukan saat pagi setelah makan dan saat malam hari menjelang tidur. Sebelum menyikat gigi, Anda harus memastikan bahwa sikat gigi yang Anda gunakan bersih.

Untuk menjaga gigi dan mulut tetap sehat, Anda perlu mengurangi konsumsi kopi, teh, dan minuman beralkohol. Kandungan kafein yang terdapat pada teh dan kopi dapat menyebabkan gigi menjadi kuning. Sedangkan mengonsumsi alkohol dapat menyebabkan mulut Anda menjadi kering dan menyebabkan nafas yang tidak sedap. Mengonsumsi buah-buahan dan sayuran yang mengandung banyak mineral, vitamin, dan serat akan menjaga kesehatan gigi dan mulut Anda. Serat yang terkandung dalam buah-buahan dan sayuran berperan seperti sikat gigi yang membersihkan sisa makanan yang terdapat di gigi. Selain itu, buah-buahan dan sayuran juga berfungsi untuk menghilangkan bakteri. Pastikan Anda juga mengonsumsi makanan yang banyak mengandung kalsium yang akan menjaga kekuatan gigi Anda. Beberapa makanan yang mengandung kalsium adalah keju, susu, ikan, telur, dan beberapa makanan lainnya yang banyak mengandung kalsium.

Mengganti sikat gigi setiap 3 bulan sekali juga perlu dilakukan. Hal ini dikarenakan jika sikat gigi terlalu lama digunakan justru akan menjadi sarang bakteri. Untuk membantu mempermudah aliran air liur ke segala arah, Anda dapat mengonsumsi permen karet. Namun, Anda juga perlu menghindari makanan yang banyak mengandung gula dan berasa manis. Kandungan gula yang berlebihan dapat merusak gigi. Untuk mengecek kesehatan gigi dan mulut Anda, lakukanlah pemeriksaan gigi dan mulut setiap 6 bulan sekali.

Related posts: