Mengatasi Penyakit Gastritis Pada Lambung

tips kesehatanMungkin masih banyak yang belum mengetahui tentang gastritis dan permasalahannya. Gastritis adalah penyakit yang ditimbulkan karena terjadi iritasi pada lapisan dinding lambung. Selain itu juga terjadi peradangan dan juga pengikisan. Hal ini terjadi karena produksi asam lambung yang berlebihan atau juga karena kurangnya makanan yang ada didalam lambung. Sebab lambung selalu memproduksi asam lambung yang berfungsi untuk menghancurkan dan mencerna makanan yang masuk ke dalam lambung. Gejala yang ditimbulkan biasanya adalah sakit pada bagian perut hilangnya nafsu makan, rasa nyeri yang sangat dan terasa panas di lambung, akan merasa cepat kenyang, perut kembung, mual, gangguan pencernaan.

Pencegahan Dan Pengobatan Gastritis

Penyebab dari penyakit ini bisa bermacam-macam seperti faktor usia, bakteri H. pylory, minuman beralkohol, penyakit crohn, refleksi empedu, anemia pernisiosa, muntah kronis dan sebagainya. pengobatan dapat dilakukan secara dokter maupun tradisional. Biasanya dokter akan memberikan obat antihistamin 2 untuk meredakan gejalanya dengan menurunkan produksi asam lambung. Atau bisa juga diberikan obat penghambat pompa proton yang fungsinya sama dengan antihistamin namun lebih efektif. Antasida juga dapat diberikan untuk meredakan rasa nyeri pada lambung. Antibiotik diberikan untuk mengatasi infeksi yang diderita lambung akibat iritasi. Jika tidak segera diobati maka akan berakibat fatal seperti pendarahan pada lambung, tukak lambung bahkan hingga kanker lambung.

Untuk pengobatan tradisional biasanya menggunakan 1 ons taoge yang diblender kemudian ditambah dengan madu lalu diminum sebanyak 2x dalam sehari. Kemudian Anda juga dapat menggunakan jeruk nipis yang dipotong-potong kemudian diseduh dengan air panas dan ditambahkan dengan madu kemudian diminum sebanyak 2x dalam sehari. Pencegahannya Anda dapat melakukan cara 3T yaitu tepat waktu, tepat solusi dan tepat nutrisi. Tepat waktu dalam jadwal makan sehingga tidak akan membiarkan lambung dalam keadaan kosong. Kemudian tepat nutrisi yaitu menjaga berbagai asupan makanan agar terhindar dari iritasi lambung. Dan yang terakhir adalah tepat solusi yaitu dalam mengunyah makanan haruslah dengan perlahan agar lambung tidak terlalu berat dalam mencerna makanan.

Related posts: