Menentukan Domain TLD Dalam Pembuatan Website

Pembuatan WebsiteBagi Anda yang berniat untuk membuat websitenya sendiri perlu mengetahui beberapa hal termasuk dalam menentukan domain TLD. Apa itu TLD, TLD merupakan singkatan dari Top Level Domain berupa sebuah ekstensi dari nama sebuah domain. Contohnya adalah koenzi.com, maka demikian itu disebut dengan nama domain yang menggunakan domain TLD yaitu .com. Namun apabila di belakang nama domain sebelum .com terdapat tambahan nama dot, maka itu sudah bukan lagi disebut sebagai TLD melainkan sub domain. Dalam pembuatan website Anda bebas memilih, hanya yang membedakan adalah TLD dikenakan biaya tiap bulannya karena website tersebut sudah memiliki domainnya sendiri tanpa embel-embel sub domain.

Macam-Macam Domain TLD Dalam Pembuatan Website

TLD terbagi ke dalam 2 jenis yaitu gTLD (Global Top Level Domain) dan ccTLD (Country Code Top Level Domain). gTLD merupakan nama domain dengan akhiran .com .net .org .edu .mil dan .gov. dalam pembuatan website dengan domain gTLD tidak ada syarat administratif formal asalkan punya email kemudian daftar di situs penyedia TLD. Biasanya tersedia beberapa paket dengan fitur-fiturnya masing-masing dengan harga yang berbeda-beda. Sedangkan ccTLD merupakan nama domain yang mengacu pada kode negara seperti .id untuk Indonesia, .us untuk Amerika Serikat, .my untuk Malaysia dan masih banyak lagi. Selain 2 TLD tersebut, masih ada lagi jenis TLD khusus berdasarkan batas tertentu. Digunakan berdasarkan komunitas, minat, otoritas legal formal tertentu. Tidak seperti gTLD, untuk domainnya sendiri tidak bisa secara anonim. Karena harus melengkapi syarat administratif formal yang sudah ditetapkan. Untuk di Indonesia sendiri TLD seperti ini dikelola oleh PANDI (Pengelola Nama Domain Internet Indonesia).

Setelah domain didapatkan, selanjutnya adalah tentukan tujuan dibuatnya website setelah itu tentukan nama domain website Anda. Pastikan nama domain mudah diketik, diingat dan diucapkan. Atau Anda bisa gunakan bantuan Koenzi, karena dalam pembuatan website melakukan riset keyword untuk mengoptimasi website pada mesin pencari adalah suatu keharusan. Dengan begitu Anda dapat mengukur potensi traffic yang didapatkan berdasarkan kata kunci yang optimal.

Related posts: