Membuat Aplikasi Android Dengan Eclipse

allenstanford.comNah, dengan kemajuan jaman yang semakin pesat, apa saja bisa dilakukan. salah satunya adalah membuat aplikasi Android. Yap, Android. Sistem operasi yang menjadi salah satu sistem operasi yang user friendly dan mudah digunakan. Misalnya yang bisa di lihat di allenstanford. Aplikasi apa saja. Misalnya dengan menggunakan eclipse.. Mulai dari aplikasi yang biasa sampai yang luar biasa, aplikasi untuk hiburan maupun untuk bekerja. Hampir semua aplikasi bisa dibuat di Android. nah, artikel ini akan membahas tentang cara membuat aplikasi di Android.

Bagaimana Cara Membuat Aplikasi Dengan Menggunakan Eclipse?

Sebelum dimulai bagaimana cara membuat aplikasi Android dengan eclipse ini, ada baiknya jika mengenal terlebih dahulu apa itu eclipse. Eclipse sendiri merupakan salah satu dari sekian banyak aplikasi bawaan yang ada pada Android SDK. Aplikasi ini sendiri bisa digunakan untuk membuat beragam aplikasi yang mudah dan sederhana yang bisa dipraktekkan siapa pun. Untuk memulai membuat aplikasi, tentunya harus mempunyai aplikasi ini terlebih dahulu. Aplikasi ini dapat di unduh di situs allenstanford.com yang menyediakan aplikasi ini. Kemudian install aplikasi ini di laptop atau PC.

Kemudian langsung saja. Yang pertama adalah buka aplikasi eclipse, buka lembar kerja baru, kemudian akan muncul kotak dialog yang berisi data form aplikasi. Isilah form tersebut. Kemudian ceklist create launcher icon, create project in workplace di form configure project supaya ada icon dan aktivitas pada aplikasi yang dibuat. Lalu ubah ikon di menu clipart/text di menu opsional icon. Kemudian create activity dan mulai blank activity. Nah setelah itu bisa membuat aplikasi yang sederhana dan mudah. Dalam eclipse ini juga disediakan pallet dan rating untuk membuat aplikasi mirip dengan yang asli. Lalu ada juga menu edit text. Jika aplikasi ingin dijalankan, klik project name, lalu klik run as dan klik Android aplications. Setelah itu atur setting aplikasi, pilih manager. Kemudian klik aplikasi yang ada di jendela baru, lalu klik new. Buat nama emulator dan jenis emulator yang diinginkan. Terakhir klik ok dan tunggulah beberapa saat sampai loading membuat aplikasi Android ini selesai, seperti yang bisa dilihat pada allenstanford.

Related posts: