Mata Merah Karena Iritasi Pada Retina?

RetinaMata merah sering sekali dialami oleh siapa saja dan biasanya mereka yang melakukan aktivitas di luar ruangan sehingga rentan terkena debu dan atau juga terpaan angin. Namun tidak hanya itu masih ada lagi yang menjadi penyebab terjadinya mata merah yang bermula dari retina yang ternyata jika dibiarkan akan membuat mata menjadi kian sakit bahkan kehilangan fungsinya. Hal ini biasanya dikarenakan adanya bakteri, virus atau alergi sehingga menyebabkan infeksi pada mata dan selaput jala. Dan alergi biasanya timbul karena adanya serbuk bunga, jamur bulu hewan yang menjadi pemicu terjadinya alergi. Biasanya cara mudah dan cepat adalah dengan meneteskan obat mata yang banyak di toko obat.

Mencegah Terjadinya Mata Merah Karena Iritasi Retina

Banyak hal yang menjadi penyebab mata merah dan salah satunya karena iritasi pada retina, namun bila hal itu terjadi maka untuk penanganan pertamanya adalah dengan mengompresnya dengan air hangat selama 10 menit. Jika tidak berhasil maka Anda dapat melakukan hal yang sebaliknya yaitu dengan mengompresnya dengan air dingin. Dengan mengompresnya dengan air dingin maka akan mengurangi pembengkakan dan rasa gatal jika karena iritasi bahkan karena infeksi virus. Dan jika dimungkinkan untuk membuat air mata buatan yang akan membantu menjaga mata tetap hidrasi dan bersih. Anda bisa mendapatkannya di berbagai toko obat terpercaya yang ada di kota Anda.

Biasanya dokter akan memberikan antibiotik sebagai langkah awal untuk mengurangi peradangan. Akan tetapi jika kemudian pandangan Anda menjadi kabur, timbulnya rasa nyeri, seperti ada tirai yang jatuh atau adanya benang di pandangan Anda, baru saja menjalani operasi mata dan lainnya. Untuk pencegahan sebaiknya untuk tidak menyentuh mata dengan apapun termasuk untuk tidak menggunakan lensa kontak. Perhatikan apakah ada makanan yang membuat Anda alergi dan hindari lingkungan yang menyebabkan alergi. Seperti lingkungan yang lembab, atau berdebu, terdapat hewan peliharaan yang berbulu halus dan sebagainya. dianjurkan bagi Anda yang memiliki keluhan pada mata khususnya retina untuk mengonsumsi makanan yang mengandung omega-3, kacang-kacangan, biji-bijian, ikan salmon yang mengandung protein tinggi dan suplemen yang baik untuk kesehatan.

Related posts: