Masakan Khas Daerah Yogyakarta

makanan khas daerahYogyakarta menawarkan obyek wisata yang memiliki keindahan alam yang sangat menarik. Selain itu jika Anda mengunjungi Yogyakarta, Anda juga dapat mencoba wisata kuliner dengan mencicipi masakan khas daerah Yogyakarta. Mari simak ulasan dibawah ini untuk mengetahui masakan apa saja yang dapat Anda temukan di Yogyakarta.

Masakan Khas Daerah Yogyakarta

Yogyakarta atau lebih dikenal sebagai kota pelajar ini memiliki sejuta tempat wisata yang menarik minat para wisatawan. Selain itu juga terkenal akan makanan khasnya yang memiliki cita rasa manis. Beberapa masakan khas daerah Yogyakarta itu sendiri antara lain adalah gudeg. Anda pastinya sudah tidak asing dengan makanan yang satu ini karena kota Yogyakarta terkenal akan gudegnya. Gudeg itu sendiri terdapat tiga jenis yaitu gudeg basah gudeg manggar, dan gudeg kering. Anda tidak perlu bingung menemukan gudeg di Yogyakarta karena sangat mudah ditemukan penjual gudeg sepanjang kota Yogyakarta. Kedua oseng-oseng mercon, bagi Anda pencinta masakan pedas maka makanan yang satu ini dapat menjadi pilihan Anda nantinya jika mengunjungi Yogyakarta. Ketiga soto sulung, soto ini berbeda karena berbahan dasar sapi dan jeroannya, potongan telor dan perasan jeruk nipis untuk menambah ciri khas cita rasanya. Keempat brongkos, makanan yang terbuat dari tempe, kacang tolo, tahu dengan kuah santan dan kaldu daging sapi segar. Meskipun warna dari masakan ini coklat gelap rasa yang diciptakan perpaduan antara manis, pedas dan gurih maka tidak heran masakan ini memikat para wisatawan. Kelima mangut lele, lele biasanya hanya digoreng namun jika Anda ke Yogyakarta maka lele disini diolah menjadi suatu masakan dengan cara ditusuk menggunakan pelepah daun kelapa kemudian dibakar dan dimasak dengan santan.

Demikian ulasan lima jenis masakan khas daerah Yogyakarta yang patut dan harus Anda cicipi jika berkunjung ke Yogyakarta. Jangan lewatkan masakan khas lainnya karena masih banyak masakan-masakan yang hanya dapat Anda temukan di kota Yogyakarta. Semoga ulasan diatas dapat bermanfaat bagi Anda.

Related posts: