Makan Enak Masakan Khas Banyumas

makan enakSaat berkunjung ke suatu daerah, rasanya belum lengkap jika belum mencicipi makanan khas daerah tersebut. Seperti yang kita ketahui, bahwa Indonesia merupakan negara yang memiliki berbagai jenis makanan khas daerah yang sangat melimpah. Oleh karena itu, Anda bisa merasakan makan enak setiap berkunjung ke daerah tertentu. Setiap daerah juga memiliki makanan khas tersendiri yang hanya dimiliki oleh daerah tersebut dan tidak dimiliki oleh daerah lain. Salah satu daerah di Indonesia yang memiliki makanan khas yang sangat unik adalah Banyumas. Ya, Banyumas merupakan kota kecil di Jawa Tengah yang namanya cukup populer di kalangan masyarakat Indonesia. Selain terkenal karena masyarakat Banyumas menggunakan Bahasa Jawa “ngapak” yang sangat unik, daerah ini juga dikenal karena memiliki banyak makanan khas yang menggoda selera. Lalu, apa saja jenis makanan khas Banyumas yang sangat populer?

Yuk, Makan Enak Dan Mencicipi Nikmatnya Masakan Khas Banyumas!

Salah satu makan enak khas Banyumas yang paling populer adalah mendoan. Nah, pernahkah Anda mencicipi makanan yang satu ini? Mendoan merupakan makanan yang dibuat dari bahan dasar tempe. Tempe yang digunakan untuk memasak mendoan memiliki bentuk yang unik dan berbeda dengan jenis tempe goreng biasa. Tempe mendoan memiliki bentuk yang tipis dan lebar. Tempe ini kemudian dibalut dengan tepung terigu yang telah diberi aneka rempah-rempah sehingga memberikan rasa yang khas. Selain itu, adonan tepung terigu juga sering kali ditambahkan dengan daun bawang sehingga lebih menambah aroma rasa. Tempe mendoan yang telah dicelupkan ke dalam adonan terigu kemudian digoreng selama beberapa saat. Mendoan paling nikmat disantap saat masih hangat. Untuk menambah kelezatannya, biasanya masyarakat Banyumas memakan mendoan bersama dengan cabai rawit sehingga rasanya pedas dan gurih.

Sesuai dengan namanya, Mendoan berasal dari Bahasa Jawa “Mendo” yang dalam Bahasa Indonesia memiliki arti digoreng setengah matang. Jadi, proses penggorengan tidak boleh dilakukan terlalu lama, hanya dilakukan selama 2-3 menit saja. Jika penggorengan dilakukan terlalu lama, maka tekstur mendoan akan lebih kering dan cenderung menjadi seperti keripik tempe. Mendoan telah menjadi makanan khas yang selalu menemani masyarakat Banyumas dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu, tidak heran jika sebagian tempat makan enak di Banyumas selalu menyediakan mendoan sebagai menu andalan. Jadi, apakah Anda tertarik untuk mencobanya?

Related posts: