Kolam Terpal Bulat Ikan Lebih Efektif

Siapa si yang tidak suka mengonsumsi ikan? Ingin beternak ikan sendiri tapi  lahan rumah kalian sempit? Kolam terpal bulat ikan bisa jadi solusi bagi kalian yang ingin beternak ikan sendiri tapi punya keterbatasan lahan. Budidaya ikan dengan menggunakan kolam terpal memang makin populer sekarang ini. Disamping mampu mengatasi masalah keterbatasan lahan, cara pembuatannya pun terbilang lebih praktis dan menghabiskan  biaya yang relatif lebih murah dibanding menggunakan kolam dengan dinding tembok atau sejenisnya. Kolam terpal sendiri memiliki dua jenis. Yang dipasang di dalam tanah dan diatas permukaan tanah. Sebelum membuat kolam terpal ikan, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan seperti jenis dan ukuran ikan, volume air, ketinggian serta lebar kolam dan lain lain. Selanjutnya, kita perlu terlebih dahulu menyiapkan beberapa bahan sebagai berikut : terpal, bambu, meteran, paku.

Bagaimana Cara Membuat Kolam Terpal Bulat Ikan Lebih Efektif?

Yuk cari tahu cara membuat kolam terpal bulat yang cocok untuk budidaya ikan air tawar rumahan. Pertama, pembuatan patok kerangka kolam. Misalkan kita ingin membuat kolam dengan ukuran 3 x 4,5 x 1,5. Maka potonglah bambu dengan ukuran 3, 4,5, dan 1,5 meter sebanyak yang kalian perlukan. Kemudian susunlah bambu bambu tersebut menjadi pagar atau kerangka kolam. Semakin rapat kerangka yang dibuat, maka semakin kuat pula ketahanan kolam. Kemudian, tancapkan patok ke dalam tanah sesuai ukuran kolam untuk menyangga kerangka kolam yang telah dibuat. Kemudian, satukan kerangka dengan patok yang telah dibuat tadi.

Selanjutnya, siapkan terpal dengan ukuran kurang lebih 5 x 6 meter. Sebaiknya bersihkan terpal terlebih dahulu, sebelum memasang nya pada kerangka. Lalu, pasang terpal tersebut pada kerangka yang telah disiapkan. Rapihkan dan pastikan terpal yang terpasang tidak terlipat dan tidak berlubang. Untuk saluran pembuangan, kalian bisa menggunakan pipa paralon dan klem yang di pasang di sisi bawah kolam. Terakhir, isi kolam kolam dengan air sesuai kebutuhan. Sebaiknya rendam kolam terpal selama beberapa hari untuk penyesuaian lingkungan sebelum memasukkan benih ikan ke dalam kolam. Itulah  beberapa langkah cara pembuatan kolam terpal bulat ikan yang cukup mudah dan bisa kalian coba dirumah.

Related posts:

by