Keuntungan Dari LPPM Untuk Perguruan Tinggi

lppmSeperti yang sudah kita ketahui bahwa LPPM merupakan sebuah lembaga yang menangani penelitian dan pengabdian masyarakat. Di setiap perguruan tinggi Lembaga ini mempunyai peran dan fungsi yang sama, meskipun pada dasarnya mereka mempunyai visi dan misi yang berbeda. Namun tujuan dari lembaga penelitian dan pengabdian masyarakat ini masih pada point yang sama, yaitu memberikan pelayanan untuk masyarakat. Setiap lembaga penelitian perguruan tinggi pastinya mempunyai beberapa pusat penelitian. Penelitian biasanya dilakukan secara individual oleh dosen, bisa juga dilakukan secara berkelompok, fakultas, jurusan serta unit yang masih berada dibawah naungan universitas. Dengan adanya lembaga ini, kita tidak hanya bisa membagikan ilmu yang kita miliki untuk masyarakat saja, namun dapat menjalin hubungan baik secara nasional maupun internasional. Ada banyak keuntungan yang bisa didapatkan jika kita mampu memanfaatkan lembaga ini dengan baik.

Peran Penting LPPM Untuk Perguruan Tinggi

Tahukah Anda? bahwa sesungguhnya tugas seorang dosen pada dasarnya tidak hanya mengajar. Selain membimbing dan mengajar siswa juga harus melakukan kegiatan penelitian dan pengabdian masyarakat. Hal ini menjadi tugas wajib seorang dosen sebagaimana yang tercantum dalam Tridarma Perguruan Tinggi. Namun kewajiban yang satu ini seringkali tidak dijalankan, mereka hanya mengutamakan kewajiban mengajar saja. Padahal peran serta seorang dosen dalam masyarakat melalui sebuah penelitian sangat dibutuhkan. Dosen dapat memanfaatkan LPPM sebagai wadah untuk melaksanakan kegiatan penelitian dan pengabdian masyarakat. Karena dengan melakukan sebuah penelitian dan pengabdian, maka akan dapat dengan mudah didapatkan sebuah pemahaman, teknologi dan juga solusi baru. Beberapa hal yang didapat dari penelitian dan pengabdian masyarakat tersebut sangat berguna untuk banyak pihak.

Peranan penting sebuah penelitian dan pengabdian juga dapat dirasakan oleh perguruan tinggi itu sendiri diantaranya adalah:

 

  1. Dapat mengembangkan materi pengajaran, dengan adanya penelitian diharapkan mampu mendukung materi perkuliahan yang ada. Dengan catatan penelitian tersebut relevan dengan materi yang diajarkan
  2. Dapat meningkatkan reputasi kampus dengan beberapa jurnal hasil penelitian yang diterbitkan
  3. Dapat mendukung pengabdian masyarakat

 

Itulah peranan penting dari lembaga ini di perguruan tinggi seperti halnya di STMIK AMIK Riau. Tentunya setiap LPPM memiliki fungsi yang sangat baik bagi kampusnya.

Related posts: