Ketahui Bahaya Dari Penyakit Retina

Dokter RetinaSebagai salah satu organ tubuh yang tidak hanya penting tetapi juga rentan maka menjaga kesehatan mata sudah menjadi suatu keharusan. Jika hal tersebut diabaikan maka rentan sekali mengalami gangguan pada mata seperti penyakit retina. Penyakit yang satu ini biasanya kerap menyerang orang dewasa tetapi anak-anak juga bisa mengalaminya. Tentunya ada beberapa bahaya yang bisa ditimbulkan apabila terkena penyakit ini meski sebenarnya dampaknya tidak terlalu mengancam jiwa namun tetap saja tidak ada seorang pun yang ingin mengalaminya. Bagi Anda yang cukup tertarik dan ingin tahu lebih banyak mengenai penyakit yang menyerang retina ini bisa menyimak ulasan yang akan kami bagikan pada artikel ini.

Ini Dia Bahaya Dari Penyakit Retina

Sebelum membahas bahaya dari penyakit retina terlebih dulu akan kami berikan informasi mengenai penyebab atau faktor pemicu dari penyakit tersebut. Untuk lebih jelasnya simak informasi berikut:

  • Penyebab yang pertama adalah adanya robekan pada retina yang terjadi karena adanya penyusutan vitreus.
  • Penyebab kedua dikarenakan degenerasi makula atau kerusakan yang terjadi di pusat retina. Akibatnya pandangan menjadi terlihat kabur dan untuk degenerasi makula sendiri ada dua macam yaitu kering dan basah.
  • Penyebab berikutnya adalah retinopati diabetik yang merupakan komplikasi dari penyakit diabetes. Dampak dari komplikasi ini adalah terjadinya kerusakan di pembuluh darah retina sehingga membuat pandangan menjadi terganggu.
  • Penyebab selanjutnya yaitu retinitis pigmentosa yaitu penyakit degeneratif yang memberikan pengaruh langsung terhadap retina.

Untuk mendiagnosa penyakit yang menyerang retina ini bisa dilakukan dengan melakukan pemeriksaan pada organ mata secara menyeluruh, termasuk melihat riwayat penyakit dari anggota keluarga maupun penyakit yang diderita termasuk juga melihat apakah ada riwayat cedera pada mata. Di samping itu juga dilakukan pemeriksaan lain seperti melakukan Optical Coherence Tomography untuk menampilkan gambaran dari retina dan dilakukan juga MRI, CT Scan dan USG guna mendapatkan hasil diagnosis yang akurat. Terakhir untuk bahaya dari penyakit retina yang paling awal adalah pandangan yang terasa kabur dan tidak fokus tetapi jika tidak ditangani maka bisa berujung dengan mengalami kebutaan.

Related posts: