Karya Tulis Ilmiah Yang Baik

karya tulis ilmiah

Membuat sebuah tulisan bukan merupakan hal yang sulit. Anda dapat menuangkan ide atau gagasan yang ada di kepala Anda dan menuangkannya menjadi sebuah tulisan yang layak dibaca. Namun bagaimana jika Anda ditantang untuk membuat karya tulis ilmiah? Sanggupkah Anda untuk membuatnya? Tulisan tersebut sering dibuat di kalangan akademis. Dan juga sering terdengar sebagai salah satu perlombaan di tingkat nasional. Hal yang menarik dari pembuatan tulisan tersebut adalah pemenangnya selalu mendapatkan hadiah-hadiah yang menarik, misalnya uang tunai, piala atau sertifikat yang dapat dimanfaatkan di kemudian hari. Sebenarnya untuk membuat karya tersebut sangatlah mudah. Anda dapat dengan mudah membuatnya setelah mengetahui ciri-cirinya. Berikut ini akan dijelaskan mengenai ciri-ciri dari sebuah tulisan ilmiah.

Ciri-Ciri Karya Tulis Ilmiah

Beberapa ciri-ciri karya tulis ilmiah akan dijelaskan berikut ini. Sebuah karya ilmiah yang baik tentunya bersifat objektif. Keobjektifan tersebut tampak pada kalimat yang diungkapkan di dalamnya yaitu berisi fakta-fakta. Kemudian ada pula kesimpulan di akhir tulisan ilmiah tersebut yang disampaikan dengan menggunakan bukti-bukti yang dapat dipertanggungjawabkan. Oleh karena itu siapa pun dapat dengan mudah mengecek kebenarannya. Ciri-ciri yang lain yang ada di dalam tulisan ilmiah yaitu logis. Sebuah kelogisan di dalam tulisan sangat menentukan pembaca. Jadi di dalam karya ilmiah terdapat pola nalar induktif dan juga pola nalar deduktif. Jika Anda ingin menyimpulkan sebuah fakta ataupun data, Anda dapat menggunakan pola induktif. Namun jika Anda ingin membuktikan sebuah teori atau hipotesis maka Anda dapat menggunakan pola deduktif.

Hal yang harus ada di dalam sebuah karya tulis ilmiah adalah sistematis. Tentunya Anda tidak boleh membiarkan tulisan Anda berantakan karena dalam pembuatannya seharusnya terdapat pola pengembangan yang baik yaitu kausalitas, klasifikasi, pola urutan dan sebagainya. Dengan adanya sistematika yang baik ini akan lebih memudahkan pembaca dalam mengikuti alurnya. Kemudian hal yang tidak kalah penting mengenai karya ilmiah ini adalah netral. Tulisan yang netral dapat dilihat di setiap pernyataan ataupun penilaian bebas. Di dalam tulisan yang netral maka tidak ada kepentingan-kepentingan tertentu. Oleh karena itu di dalam tulisan tersebut Anda tidak boleh menggunakan kalimat yang persuasif.

Related posts: