Hidup Sehat Dengan Jahe

tips kesehatanMemasuki musim penghujan, kewaspadaan tubuh akan resiko bahaya terkena penyakit yang umum datang pada saat suhu mulai berubah dari panas ke dingin pasti meningkat. Tidak ada seorang pun yang ingin tertular penyakit klasik seperti demam, batuk, maupun pilek yang pasti mengganggu aktivitas mereka sehari-hari. Daripada mengobati badan yang sudah terlanjur sakit, sebetulnya semua orang juga sepakat bahwa tindakan pencegahan dirasa lebih esensial. Salah satu tradisi menu keluarga yang diturunkan turun temurun untuk menjaga kesehatan khususnya di musim dingin adalah minum wedang jahe. Minuman ini berkhasiat alami mencegah masuk angin dan menghangatkan tubuh dari dalam sehingga membuat kelegaan yang luar biasa.

Cara Hidup Sehat Dengan Jahe

Untuk membuat wedang jahe, cara yang perlu disiapkan sebetulnya sangat mudah. Hal ini bisa dilakukan dengan menggunakan peralatan dapur rumahan tanpa alat modern. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah dengan mempersiapkan bahan yang digunakan untuk membuat wedang jahe. Memilih jahe, gula merah, daun pandan, dan serai yang segar merupakan salah satu rahasia menghasilkan minuman yang berkualitas. Lalu, jahe harus dibakar di atas api dan dimemarkan. Teknik ini penting untuk mengeluarkan senyawa kimia sekaligus meningkatkan bahan volatile yang ada pada jahe sehingga memberikan aroma yang kuat. Sama seperti jahe, sereh juga wajib dimemarkan untuk mendapatkan keseimbangan rasa sedangkan untuk daun pandan, seperti biasa cukup disimpul saja.

Ketiga bahan ini kemudian direbus bersama dengan menggunakan air putih yang bersih dengan api kecil saja untuk mencegah kegosongan. Menggunakan api besar justru akan menambahkan rasa hangus pada minuman sehingga kurang digemari. Garam dapat dimasukkan secukupnya bersama rebusan ini. Setelah mendidih, barulah gula merah yang telah diserut dimasukkan. Setelah rasanya pas, air rebusan kemudian disusutkan agar lebih mengental. Minuman berkhasiat ini cocok dikonsumsi setiap hari karena tidak memiliki efek samping. Bagi mereka yang sibuk, sekerang ini juga banyak dijual wedang jahe serbuk dalam bentuk kemasan yang lebih praktis dalam pengolahannya.

Related posts: