Harga Ayam Kalkun Aneka Jenis

Salah satu jenis unggas yang kerap dipelihara untuk diambil dagingnya adalah kalkun. Walau terbilang masih kurang populer di Indonesia jika dibandingkan dengan unggas lain seperti ayam, namun kalkun terbilang cukup digemari di negara-negara Barat. Ciri khas kalkun adalah postur tubuh yang besar. Unggas ini pertama kali ditemukan di Amerika serta Eropa. Pemberian nama Turkey pada kalkun ini ternyata berawal dari kesalahpahaman bangsa Amerika. Mereka menganggap kalkun adalah seekor burung asal Afrika yang diimpor melalui Turki. Nama Kalkun diambil dari ejaan bahasa Belanda, “Kalkoen”, di mana nama ini sendiri diambil dari nama kota Kalikut (Calcutta) di India.

 

Keunikan Kalkun dan Harganya

 

Kalkun ialah jenis hewan unik karena ia bisa bereproduksi tanpa kontribusi pejantan. Akan tetapi, hasil reproduksinya nanti akan menetaskan anakan kalkun yang rentan terhadap penyakit. Pemeliharaan kalkun sebaiknya saat unggas ini sudah siap kawin dan segera dipasangkan bersama pejantannya agar telur bisa menetas dan menghasilkan anakan berkualitas. Kalkun dengan ukuran tubuh besar terdiri dari beberapa jenis. Di antaranya yang terkenal adalah Black Spanish, Bronze, Bourbon Red, Royal Palm, Golden Palm, Self Buff, Naraganset, White Holland dan lain-lain. Bulu kalkun termasuk sangat indah, apalagi pejantan yang sedang birahi bisa merentangkan bulunya hingga 1.5 sampai dengan 1.8 meter.

 

Harga kalkun seperti dilansir dari harga.top juga terbilang cukup mahal. Untuk jenis kalkun Bronze mencapai Rp350.000 per ekor, kalkun Golden Palm mencapai Rp400.000 per ekor, kalkun Royal Palm Rp575.000 per ekor, kalkun Self Buff Rp950.000 per ekor, kalkun Bourbon Red Rp1.250.000 per ekor dan Black Spanish Rp1.800.000 per ekor. Harga di atas adalah harga khusus kalkun dewasa. Untuk kalkun anakan harganya berkisar antara Rp125.000 hingga Rp550.000 per ekor tergantung dari jenis kalkun. Daging kalkun juga bisa diolah untuk dikonsumsi. Di negara-negara Barat seperti Amerika dan Eropa, daging kalkun seringkali menjadi sajian utama saat perayaan Thanksgiving. Di Indonesia sendiri, masih jarang ditemukan olahan berbahan dasar daging kalkun.

Related posts:

by