Hapus Kebiasaan Buruk Anak Demi Kesehatan

tips kesehatanKesehatan anak adalah tujuan orang tua dalam mengasuh dan menjaga anak-anak mereka selain juga pendidikan dan akhlak budi. Dengan terjaganya kesehatan anak menjadikan orang tua terbebas dari beban stres dan kelelahan karena memikirkan anak sakit serta harus lebih ekstra memberikan perhatian kepada anak yang sedang sakit. Tidak sedikit orang tua terutama ibu yang justru juga ikutan sakit setelah anaknya sakit. Dan akhirnya seluruh anggota keluarga juga ikutan sakit yang mungkin bisa terjadi karena tertular atau kelelahan. Untuk itulah penting sekali menjaga anak tetap sehat dan terpenuhi segala nutrisi yang dibutuhkannya agar tetap berstamina menjalani aktivitasnya seperti bermain dan belajar.

Namun, sekuat-kuatnya orang tua memberikan makanan sehat serta berbagai vitamin untuk menunjang kekebalan tubuhnya, anak tetaplah anak yang juga memiliki kebiasaan buruk yang menyebabkan anak jadi mudah terserang penyakit. Dan kebiasaan ini bisa terjadi dari ketika mereka masih bayi. Peran serta orang tua dalam melihat kebiasaan ini harus dideteksi sejak dini sehingga tidak menjadi keterusan yang menyebabkan susah untuk dihilangkan. Yang pertama adalah kebiasaan menghisap jempol. Setiap bayi yang baru lahir hingga berumur beberapa bulan pasti secara refleks memasukkan jempol atau jari tangannya ke dalam mulut. Kegiatan ini adalah bentuk pelarian bayi yang resah saat tidak menemukan puting susu ibunya. Namun apabila dibiarkan berlangsung lama, pertumbuhan rahang menjadi tidak bagus dan beberapa bakteri bisa masuk ke dalam tubuh bersamaan dengan masuknya jari ke dalam mulut.

Terlalu banyak minum susu juga merupakan kebiasaan buruk pada anak yang harus segera diantisipasi orang tua. Karena anak menjadi malas makan makanan lain sehingga anak menjadi kehilangan nutrisi yang hanya bisa didapat dari makanan padat. Selain itu bisa menimbulkan kebiasaan buruk baru yaitu pilih-pilih makanan. Karena terbiasa dengan rasa susu, anak jadi tidak selera dengan makanan berupa sayuran sehingga hanya mau makan makanan yang rasanya menjadi kesukaannya saja. Malah cenderung lebih suka ngemil daripada makan nasi. Mulailah memberikan pola makanan sehat kepada anak sejak dini agar anak tetap terjaga kesehatannya.

Related posts: