Flu Membuat Telinga Tuli

tips kesehatanFlu merupakan penyakit yang sangat rentan saat musim hujan, apalagi anak-anak yang masih memiliki daya tahan tubuh yang lemah. Sudah terjual bebas obat-obat untuk mengatasi penyakit ini baik di apotek bahkan warung kecil pun sudah banyak yang menjualnya. Ada penelitian bahwa flu merupakan penyakit yang dapat mengeluarkan racun yang akan membuat penyakit lain yang sangat berisiko. Racun tersebut akan terbuang pada lendir yang biasanya terdapat saat sedang mengalami flu. Lendir tersebut tercampur dengan racun-racun yang ada dalam tubuh kita, orang tua sering mengatakan jika lendirnya sudah berwarna hijau maka flu sebentar lagi akan sembuh. Namun, lendir saat flu sangat mengganggu aktivitas sehari-hari. Akibat lendir tersebut kita harus repot untuk mengeluarkannya dan kadang malah sampai kesel kita mengeluarkan ingus tersebut terlalu keras. Kalian tahu bahwa flu juga dapat menyebabkan tuli?

Setelah kejadian diatas ternyata flu juga dapat menyebabkan tuli sementara karena lendir pada flu bisa masuk kedalam saluran telinga. Hal ini karena biasanya kita mengeluarkan ingus secara paksa sehingga lendir tersebut masuk kedalam saluran estachius dan mengganggu indra pendengaran. Jadi sekali lagi, untuk menghindari budek saat flu maka berhati-hatilah saat mengeluarkan ingus. Tuli pada penderita flu juga dapat segera diatasi, karena susah juga jika kita beraktivitas dengan telinga yang terasa berat.

Anda tinggal menyiapkan baskom kecil, handuk, air panas, dan minyak kayu putih. Langkah pertama, rebuslah air hingga mendidih. Kemudian masukkan air panas kedalam baskom. Jangan menunggu air tersebut menjadi hangat karena akan mengurangi khasiatnya. Selanjutnya tambahkan minyak kayu putih sebanyak 5 tetes atau sesuai banyaknya air yang Anda panaskan. Ingat jangan terlalu banyak juga karena akan membuat hidung Anda kepanasan. Mulailah untuk menghirup baskom berisi air tersebut sambil ditutup dengan handuk agar uap panas yang terkandung dalam air berkumpul dan tidak keluar kemana-mana. Jaga posisi tersebut selama 3-5 menit. Jika tuli sudah mulai berkurang lakukan lagi cara tersebut hingga tuli hilang sempurna.

Related posts: