Contoh Surat Lamaran Kerja untuk Instansi

contoh surat lamaran kerjaSurat lamaran kerja merupakan syarat penting dalam mendaftar sebuah pekerjaan pada instansi yang menyediakan lowongan kerja. Tidak hanya itu, jika Anda ingin menjadi pegawai Bank, mendaftar CPNS, dan lain-lain, surat lamaran kerja ini sangat diperlukan. Meskipun dalam membuat surat lamaran ini tidak begitu sulit tetapi Anda perlu berhati-hati dalam membuatnya karena surat lamaran ini merupakan langkah awal yang menentukan Anda apakah Anda bisa menuju langkah selanjutnya ataupun tidak. Anda butuh kemampuan ekstra untuk menulis dengan baik, baik dalam menyusun kalimat maupun dalam hal kerapian penulisan. Di beberapa contoh surat lamaran kerja telah diberitahukan mengenai bagian-bagian dalam surat yang perlu ditulis. Melalui surat ini pihak yang dituju bisa membaca gambaran umum mengenai diri Anda sehingga mereka bisa memprediksi dan mempertimbangkan apakah Anda bisa menuju tahap selanjutnya ataupun tidak.

Contoh Surat Lamaran Kerja dan Bagian-Bagiannya

Ada beberapa contoh surat lamaran kerja dengan jenis penulisan yang berbeda-beda. Namun pada dasarnya inti dari penulisan surat lamaran kerja adalah sama. Inti dari penulisan surat lamaran kerja itu hanya ada tiga, yakni pembuka, isi, dan penutup. Pertama adalah bagian pembuka, yaitu bagian pertama surat yang biasanya dituliskan mengenai dari mana ia mengetahui lowongan kerja tersebut dan juga mengenai bagian mana yang ingin ditempatinya. Apakah ingin menjadi staff, marketing, resepsionis, atau pun yang lainnya. Kedua adalah bagian isi, yakni menunjukkan bahwa pelamar sudah memenuhi syarat yang ditentukan oleh pihak yang dilamar seperti halnya ijazah dan lain-lain. Selain itu juga terdapat uraian tentang diri pelamar yang di dalamnya tercantum mengenai identitas secara umum dan keterampilan atau potensi yang dimilikinya. Hal ini adalah salah satu hal yang menjadi daya tarik Anda.

Jika Anda memiliki penghargaan atau sertifikat, maka Anda bisa melampirkannya, dan Anda bisa mendapat poin plus. Ketiga adalah penutup yakni pelamar menuliskan mengenai harapannya untuk dapat menuju proses selanjutnya diikuti dengan ucapan terima kasih. Itulah bagian-bagian inti yang terdapat pada surat lamaran kerja. Anda bisa melihatnya di contoh surat lamaran kerja yang bisa Anda akses melalui internet. Anda harus bisa membuat surat lamaran ini sebaik mungkin supaya Anda pun bisa mendapatkan hasil yang terbaik.

Related posts: