Cara Sehat Agar Tidak Dehidrasi Saat Puasa

tips kesehatanKita tengah memasuki bulan Ramadhan yang dimana bulan ini mewajibkan kepada semua umat Islam untuk menjalankan ibadah puasa. Nah puasa ini adalah suatu ibadah yang dimana kita tidak dibolehkan untuk makan dan minum selama hampir kurang lebih 13 jam. Padahal tubuh kita sendiri harus ternutrisi. Nah bagaimana caranya agar tetap sehat walaupun kita sedang beribadah puasa di bulan Ramadhan ini? Pertanyaan yang sangat menggelitik. Berbicara mengenai sehat, tentunya tubuh kita itu 70% terdiri dari cairan bukan? Maka dari itu wajib hukumnya untuk kita mengonsumsi air putih sebanyak 8 gelas per harinya. Ini dengan tujuan agar tubuh kita selalu bisa ternutrisi cairan dan tidak dehidrasi.

Tetapi kalau puasa bagaimana? Akankah kita harus mengonsumsi air putih 8 gelas sekaligus ketika berbuka? Atau 8 gelas tersebut dibagi 2 yakni 4 gelas saat sahur dan 4 gelas saat berbuka agar kita tidak dehidrasi? Bukan seperti itu cara untuk tetap menjaga agar diri kita tidak dehidrasi selama puasa. Nah namanya juga air pasti kan memang kandungannya itu terdiri dari mineral. Untuk mengganti 8 gelas per hari ini nanti, Anda bisa menggantinya dengan mengonsumsi berbagai macam buah-buahan yang mengandung banyak cairan saat berbuka. Buah-buahannya seperti pear, semangka, apel, anggur, belimbing ataupun pepaya. Selain Anda sangat disarankan untuk mengonsumsi buah-buahan, Anda juga sangat disarankan untuk mengonsumsi makanan yang berkuah sebagai ganti atas 8 gelas air putih selama sehari tersebut.

Dengan mengonsumsi makanan yang berkuah setidaknya tubuh Anda tidak akan kehilangan mineral dan juga Anda tidak akan dehidrasi. Itu adalah berbagai cara pengonsumsian makanan saat berbuka agar Anda terhindar dari dehidrasi. Lalu bagaimana saat sahur? Saat sahur Anda sangat disarankan untuk mengonsumsi 3-4 gelas tetapi diberikan waktu jeda. Tidak harus sekaligus langsung 3-4 gelas seteguk. Dan untuk nanti berbukanya sangat disarankan mengonsumsi 4-5 gelas air. Agar kesehatan Anda lebih terjaga saat berpuasa maka usahakan untuk menghindari berbagai makanan atau minuman yang mengandung kafein karena ini sangat tidak bagus untuk kesehatan Anda. Nah cukup jelas bukan? Walaupun puasa, Anda tetap tidak boleh dehidrasi ya.

Related posts: