Buah Makassar Dengan Berbagai Manfaatnya

tips kesehatanBuah Makassar yang nama latinnya Brucea javanica atau amber merica banyak terdapat di Indonesia dan hampir menyebar merata. Namun untuk di setiap daerah memiliki sebutan yang berbeda. seperti di Lampung dikenal dengan berul, di Medan dengan malur, Jawa Barat menyebutnya dengan walot, di Jawa Tengah disebut dengan kwalot, untuk orang Maluku menyebutnya dengan nagas dan di Makassar sendiri disebut dengan tambara marica. Pada daging buahnya mengandung minyak lemak, asam oleat, asam stearate, asam linoleat dan asam palmitoleat. Sedangkan pada daunnya mengandung tannin dan bijinya mengandung brusatol dan juga brusein yang merupakan zat anti-leukimia. Kemudian adanya zat anti-kanker yang dapat mencegah kanker serviks.

Rahasia Buah Makassar Dengan Berbagai Manfaatnya

Tanaman perdu yang dapat tumbuh hingga 2,5 meter ini dapat menyembuhkan berbagai penyakit mulai dari diare, disentri, mengontrol kadar gula darah, sakit pinggang, penawar racun, mengatasi keputihan, menghilangkan kutil atau mata ikan, mencegah terjadinya gumpalan darah, obat untuk ambeien, dan lain sebagainya. Memang tanaman Makassar ini dapat meringankan gejala berbagai penyakit bahkan dapat menyembuhkannya. Tanaman ini dapat dimanfaatkan mulai dari akarnya, daun hingga buahnya. Untuk sakit pinggang dapat menggunakan 1 genggam daun Makassar yang telah dicuci bersih dan kemudian direbus dengan 2 gelas air dan disisakan 1 gelas, minumlah secara rutin 2x sehari hingga sembuh. Untuk menyembuhkan malaria dapat memanfaatkan 25gr akar yang direbus dengan 2 gelas air hingga tinggal setengahnya yang kemudian diminum pagi dan sore hari.

Kemudian untuk menyembuhkan wasir Anda dapat mengonsumsi 7 butir biji buah Makassar yang dibungkus dengan buah longan. Dengan menghaluskan daging buah Makassar lalu ditempelkan pada kutil yang lambat laun akan hilang. Untuk kanker serviks Anda dapat merebus 20 biji buah Makassar dengan 400cc air hingga tinggal 100cc. kemudian Anda dapat mengonsumsinya 3x 2 sdm sehari. Disentri juga dapat disembuhkan dengan menghaluskan 15 biji dari buah Makassar ini kemudian meminumnya 3x sehari. Yang perlu Anda ketahui adalah tanaman ini mengandung racun sehingga mengonsumsinya jangan dalam jumlah yang banyak.

Related posts: