Beternak Ikan Lele Cukup Mudah Kok

Budidaya Ikan Lele

Ikan lele merupakan salah satu jenis dari ikan yang hidup di air tawar. Ikan lele ini banyak digemari oleh masyarakat, sehingga permintaan di pasaran tidak pernah surut. Melihat permintaan ikan lele yang cukup banyak ini, membuka peluang bisnis yang menguntungkan. Sehingga, wajar jika banyak orang yang berminat untuk budidaya ikan lele ini. Cara pembudidayaannya terbilang cukup mudah untuk dilakukan. Selain itu, modal yang dibutuhkan dalam bisnis ini pun cukup rendah. Cara yang cukup mudah ini menjadikan bisnis ikan lele sangat cocok untuk pemula.

Apa Yang Harus Diperhatikan Dalam Budidaya Ikan Lele?

Seperti yang kita ketahui, ikan lele memiliki kandungan protein yang sangat tinggi dengan rasa yang gurih dan duri yang tidak menyebar. Dari keunggulan itulah, menjadikan ikan ini banyak disukai oleh berbagai kalangan, baik anak-anak, remaja, dewasa, maupun tua. Kadar protein yang tinggi ini, tentunya akan sangat bagus untuk nutrisi tubuh. Di Indonesia, bisnis ini sangat diminati oleh masyarakat. Selain caranya yang mudah, bisnis ini juga dianggap sangat menjanjikan hasilnya.  Terlebih, waktu yang dibutuhkan untuk siap dipanen relatif cepat yaitu sekitar 2 sampai 3 bulan. Meskipun begitu, peternak pemula perlu benar-benar mengerti cara beternak ikan lele dengan metode yang sesuai. Sehingga cara budidaya ikan lele yang dilakukan akan tepat dan dapat memberikan hasil yang sesuai dengan harapan. Langkah yang seharusnya diperhatikan antara lain, ikan lele merupakan ikan yang hidup di air yang tenang yang tidak keruh. Sebab, jika airnya keruh kadar oksigen di dalam air akan rendah  yang dapat menyebabkan ikan lele tidak mampu untuk bertahan hidup. Permukaan kolam ikan lele akan lebih baik jika tidak ditutupi, ikan lele hidup pada tempat dengan suhu antara 20o sampai 28o C, serta sebaiknya kolam tidak terkontaminasi oleh limbah industri maupun pabrik.

Budidaya ikan lele ini memang memberikan peluang yang menjanjikan. Kemudahan dalam budidaya ini, tentunya harus tetap diperhatikan terutama cara perawatannya. Karena terkadang dengan kemudahan itulah, justru kita sering mengabaikan hal yang kecil yang dapat menyebabkan hasil yang diperoleh akan kurang maksimal.

Related posts: