Bahaya Diabetes Dan Serangkaian Cara Mengatasinya

tips kesehatanDiabetes atau kerap disapa dengan sebutan penyakit gula darah, memang sudah banyak menyerang masyarakat Indonesia. Umumnya diabetes itu lebih sering menyerang para lansia atau usia lanjut yang sudah menginjak umur 40 tahun ke atas. Meski demikian, bukan berarti untuk Anda yang masih muda, merasa santai-santai saja dan mengabaikan penyakit tersebut. Pasalnya penyakit diabetes itu berawal dari kebiasaan masa muda yang tidak sehat, atau terlalu berlebihan dalam mengonsumsi makanan yang mempunyai rasa manis. Ada banyak bahaya yang nantinya dapat disebabkan oleh penyakit tersebut. Pasalnya diabetes itu dapat menyerang organ penting lainnya seperti ginjal contohnya. Sehingga kebanyakan pengidap diabetes pun memiliki penyakit yang komplikasi dan sulit disembuhkan.

Untuk itulah mulai sejak sekarang, seharusnya Anda coba perhatikan kembali setiap makanan yang di asup. Ada beberapa rangkaian cara supaya diabetes tersebut tidak hadir di tubuh Anda. Bagi yang sudah mengidapnya, Anda pun bisa menggunakan cara-cara berikut supaya tingkat kadar gulanya tidak berada di posisi yang mengkhawatirkan. Cara pertama, kurangi konsumsi karbohidrat. Pasalnya setelah masuk ke dalam mulut dan diproses oleh enzim yang ada di dalam mulut, karbohidrat tersebut akan berubah menjadi gula. Sehingga apabila karbohidrat masuk terlalu banyak, itu berarti tubuh Anda pun sudah mengonsumsi gula terlalu banyak pula. Untuk para pengidap diabetes pun akan ada takarannya sendiri dalam mengonsumsi karbohidrat.

Alangkah baiknya jika Anda sudah terkena diabetes,  penuhilah kebutuhan energi dengan mengonsumsi jagung atau makanan pengganti nasi jenis lainnya yang tidak mengandung karbohidrat tinggi. Cara kedua, untuk menjaga kestabilan kadar gula darahnya, Anda pun bisa konsumsi susu yang dikhususkan untuk penderita diabetes. Mudah sekali untuk mendapatkannya karena di semua supermarket pasti menyediakannya. Cara ketiga, segera turunkan berat badan. Bagi yang belum terlanjur kena diabetes maka dari sekarang Anda harus mengurangi berat badan. Pasalnya berat badan berlebihan pun merupakan salah satu dari pemicu timbulnya diabetes. Cara keempat, kurangi makanan bersifat manis dan rajin berolahraga. Ketika makanan manis berhasil dikurangi dan berolahraga dengan rajin, maka gula darah pun akan selalu stabil.

Related posts: