Bahan Makanan Pengganti Nasi

tips kesehatanPada dasarnya nasi merupakan makanan pokok orang Indonesia. Bahkan tidak sedikit orang yang beranggapan bahwa belum dianggap makan kalau belum makan nasi. Memang kebanyakan orang Indonesia menganggap bahwa nasi adalah satu-satunya makanan pokok yang membuat kenyang. Padahal apabila dilihat dari segi kesehatan nasi putih tentunya bisa membawa dampak buruk bagi sebagian orang yang mengalami obesitas. Bahkan banyak orang yang berdiet dengan cara menghindari nasi sebagai salah satu langkah yang efektif. Melihat hal tersebut memang sangat wajar, karena bagaimanapun juga kandungan karbohidrat pada nasi putih memang sangat tinggi. Tentu saja mengonsumsi nasi putih menjadi pantangan bagi mereka yang sedang melakukan diet karbo.

Makanan Sehat Pengganti Nasi

Walaupun demikian bagi kamu yang ingin mengganti nasi dengan makanan lain tentu saja sangat banyak penggantinya. Bahkan gizi yang didapatkan dari pengganti nasi tersebut bisa lebih tinggi. Salah satu pengganti nasi yang bisa kamu pilih adalah ubi. Ubi memang memiliki kandungan karbohidrat kompleks dan tinggi serat. Selain itu di dalam ubi juga terdapat beberapa kandungan lain seperti vitamin dan beta karotin. Sangatlah dianjurkan bagi mereka yang menderita diabetes untuk mengganti nasi dengan ubi. Perlu diketahui juga bahwa sekitar seratus kalori serta 27 gram karbohidrat terdapat dalam satu buah ubi yang memiliki ukuran sedang. Selain ubi sebagai pengganti nasi kamu juga bisa memilih oatmeal. Bahan makanan yang satu ini juga terbilang sangat baik sebagai pengganti nasi.

Oatmeal sendiri memiliki efek kenyang yang lebih lama, jadi kamu tidak perlu khawatir untuk sering merasakan lapar. Mengonsumsi oatmeal juga terbilang sangat baik bagi penderita diabetes dan jantung. Karena oatmeal mengandung serat yang mudah sekali larut dalam air dan bisa mengurangi kandungan lemak visceral yang terdapat dalam organ-organ vital tubuh. Selain itu kamu juga bisa mengganti nasi dengan roti gandum ataupun pasta gandum. Untuk buah sendiri sebenarnya ada yang bisa kamu gunakan sebagai pengganti nasi. Buah pisang merupakan salah satu jenis buah yang memiliki kandungan tinggi karbo yang mudah sekali diserap secara cepat pada tubuh.

Related posts: