Apa Itu Master Plan Rumah Sakit

studi kelayakan rumah sakitMaster plan atau yang biasa disebut dengan rencana induk tidak semua orang mengetahuinya. Apalagi bagi mereka yang tidak mengenal dunia pendidikan, pastinya akan sangat merasa asing mendengar kata ini. Master plan rumah sakit adalah rencana induk atau rencana komprehensif yang berkaitan dengan bangunan fisik rumah sakit. Hal ini didasarkan karena ketiadaan dalam memiliki rencana pembangunan yang bersifat jangka panjang yang sesuai dengan standarisasi dan terbilang baik. Hal itu melatarbelakangi adanya rencana induk guna untuk membangun rumah sakit dengan tingkat bangunan yang tertata rapi dan baik.

Pengertian Master Plan Rumah Sakit

Master plan rumah sakit adalah rencana mengenai pengembangan yang berada di rumah sakit, baik menggunakan jangka pendek, jangka menengah, maupun jangka panjang. Selain untuk mengembangkan, penyusunan rencana induk juga diaplikasikan untuk pemanfaatan lahan, bangunan, maupun infrastruktur yang ada pada rumah sakit. Dalam pengembangan yang lebih luasnya lagi, rencana induk ini tidak hanya mengkaji tentang arsitektur bangunan rumah sakit saja, akan tetapi dapat pula mengkaji tentang segala sesuatu yang berkaitan dengan proses pengembangan, salah satunya seperti pengembangan pada suatu fasilitas pelayanan kesehatan.

Kajian mengenai rencana induk yang ada di rumah sakit ini ada beberapa pendekatan yang perlu kita perhatikan, salah diantaranya yaitu, pendekatan untuk fasilitas pelayanan kesehatan yang sebelumnya belum ada dan belum beroperasi. Hal ini sangat memerlukan master plan rumah sakit dari awal serta membuat rencana fisik yang kemudian dibuat rancangan detailnya. Bagi fasilitas pelayanan yang telah beroperasi di rumah sakit pendekatan yang dilakukan yaitu melakukan pengembangan dan pembaharuan lebih bagus sehingga menghasilkan hasil yang baik dan sesuai dengan standarisasi. Selanjutnya rencana induk juga dilakukan pada fasilitas pelayanan kesehatan yang sudah mengalami kerusakan seperti halnya bangunan  yang terkesan sangat padat, mampu memanfaatkan lahan minim, serta mampu mengatasi berbagai masalah yang berkaitan dengan ruangan atau bangunan yang mengalami tumpang tindih. Hal-hal tersebut dan berbagai masalah diatas bisa diatasi dengan memanfaatkan serta mengoptimalkan fungsi dari rencana induk pada pembangunan rumah sakit.

Related posts: