Agar Jantung Tetap Sehat, Begini Caranya!

tips kesehatanJantung merupakan organ tubuh yang sangat penting karena fungsinya adalah untuk memompa darah ke seluruh bagian tubuh. Tanpa jantung, maka seorang manusia tidak dapat hidup di dunia. Meskipun fungsinya sangat penting, namun banyak orang yang mengabaikan kesehatan jantung. Akibatnya, banyak berbagai macam gangguan dan penyakit yang menyerang jantung. Saat kesehatan jantung terganggu, maka dapat dipastikan kesehatan organ tubuh yang lain juga ikut terganggu. Oleh karena itu, menjaga kesehatan jantung sangat penting dilakukan mengingat perannya yang sangat besar bagi kehidupan kita.

Tips Menjaga Kesehatan Jantung Agar Tetap Sehat Hingga Usia Senja

Beberapa ahli sepakat bahwa penyakit jantung merupakan penyakit yang disebabkan karena gaya hidup yang kurang sehat selama bertahun-tahun. Oleh karena itu, penyakit ini sangat mudah dicegah atau dihindari sejak usia dini. Banyak cara mudah yang dapat Anda lakukan dalam menjaga kesehatan jantung seperti yang akan disebutkan berikut ini :

  1. Rajin berolahraga untuk melatih kondisi jantung agar tetap prima. Tidak perlu olahraga yang terlalu berat, cukup olahraga ringan seperti jogging, bersepeda, berenang, dan olahraga ringan lainnya.
  2. Berhenti merokok dan usahakan terhindar dari asap rokok dari orang-orang disekitar Anda.
  3. Tidur yang cukup selama 7-8 jam per hari.
  4. Memperbanyak konsumsi makanan yang baik untuk kesehatan jantung, seperti ikan laut, kacang-kacangan, sayuran hijau, buah, cokelat, dll. karena mampu menurunkan kadar kolesterol jahat serta mampu mengurangi resiko tekanan darah tinggi.
  5. Hindari makanan yang mengandung gula tinggi.
  6. Perbanyak tertawa dan hindarilah stress.
  7. Jauhi minuman beralkohol.

Demikianlah beberapa tips mengenai cara menjaga kesehatan jantung. Sangat mudah dilakukan bukan? Degan menerapkan 7 hal tersebut secara rutin setiap harinya, maka kesehatan jantung Anda akan terawat dan terjaga. Selain melakukan 7 hal di atas, Anda juga harus rajin mengontrol kesehatan jantung pada dokter kepercayaan Anda. Dengan berkonsultasi pada dokter, maka Anda dapat mengetahui lebih dini apabila ternyata jantung Anda mengalami masalah. Dengan begitu, maka gangguan atau penyakit jantung dapat ditangani sedini mungkin. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda semua.

Related posts: